Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

hotel murah info dan tempat wisata

hotel murah di Indonesia dan info wisata serta daftar tempat wisata

Wisata Seni & Budaya di Solo

 Hotel Solo banyak yang terletak disekitar kawasan wisata sejarah dan budaya. Salah satu tempat yang terbaik mengawali jejak wisata Anda untuk lebih dekat seni dan budaya yang hingga kini masih berlangsung di Solo adalah Kampoeng Batik Laweyan. Disekitar kawasan juga tersedia hotel murah solo untuk dijadikan pilihan menginap.

Sejak awal abad ke 16, yaitu saat kerajaan Pajang masih berkuasa di sini, masyarakat Laweyan sudah menekuni seni membatik. Asal kata laweyan sendiri adalah dari kata lawe, yaitu bahan baku tenun yang dihasilkan daerah-daerah dalam lingkup kerajaan Pajang tersebut.  Sampai sekarang, seni batik yang tadinya hanya dikuasai oleh juragan batik itu ditekuni oleh masyarakat lokal. Eksistensi kawasan ini sebagai sentra batik dimulai dari saat Kyai Ageng Henis, yang merupakan sesepuh raja-raja Mataram Islam, mulai menghimbau para santrinya untuk mempelajari keahlian seni membatik.
Wilayah ini kini sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya pada Januari 2010 oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Sampai sekarang pun Anda masih bisa melihat dan menyaksikan sisa-sisa kejayaan tempat ini sebagai salah satu sentra industri batik paling berjaya di tanah Jawa. Para wisatawan yang biasanya menginap di beberapa hotel Solo, baik wisatawan domestik maupun mancanegara sangat tertarik dengan hal yang satu ini.
Selain nilai seni dan budaya yang tinggi dengan peninggalan kerajinan membatiknya, tempat ini juga banyak mempunyai warisan benda yang bersifat fisik, antara lain makam Kyai Ageng Henis, bunker yang menghubungkan rumah satu saudagar batik dengan lainnya, dan sempat digunakan sebagai tempat persembunyian ketika masih dalam masa penjajahan Belanda, rumah kediaman dari Tjokrosoemarto yang berjasa memasarkan batik ke seluruh Nusantara sampai ke luar negeri dan kini sudah menjelma sebagai Museum Batik Indonesia, serta Museum dan Makam dari K. H. Samanhoedi, tokoh pergerakan nasional yang mendirikan Sarekat Dagang Islam pada tahun 1905. Ada juga beberapa tempat yang bisa Anda tengok yang tadinya adalah pasar yang sangat ramai dan menjadi penyokong perdagangan batik di Solo.

Untuk tujuan lainnya dalam wisata budaya di Solo, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat Museum Batik Danar Hadi, yang menampilkan berbagai motif batik dan batik-batik dari berbagai teknik pembuatan yang berbeda. Anda juga dapat mempelajari teknik-teknik pembuatan batik yang berbeda ini.  Sementara itu, Museum Sasono Sewoko, yang terletak di dalam Kraton Surakarta, merupakan pilihan yang tepat bila Anda tertarik dengan dunia kerajaan dan peninggalan-peninggalan penting dari kerajaan ini. Pilihan lainnya adalah Museum Radya Pustaka, yang terletak di komplek Taman Sriwedari di Jalan Slamet Rahardjo. Museum ini adalah museum tertua di Indonesia. Di dalamnya, Anda bisa melihat berbagai koleksi yang mempunyai nilai sejarah tinggi: mulai dari arca batu dan perunggu dari zaman kerajaan Hindu dan Buddha, berbagai figur tokoh wayang, seperangkat peralatan gamelan yang terbuat dari bambu, sampai koleksi senjata tradisional seperti keris kuno. Dan mudahnya lagi, semua lokasi di atas tidak jauh keberadaannya dari beberapa hotel Solo yang terkenal. 
Artikel ditulis oleh tim penulis GoIndonesia.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Wisata Seni & Budaya di Solo di blog hotel murah info dan tempat wisata jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template