Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

hotel murah info dan tempat wisata

hotel murah di Indonesia dan info wisata serta daftar tempat wisata

Insiden Hotel Yamato Surabaya

Hotel Surabaya banyak yang menyimpan cerita sejarah dimasa lampau. Semua orang pasti tahu apa itu Hari Pahlawan. Ya, itu salah satu dari sekian banyak bukti perjuangan rakyat Indonesia menuju kemerdekaan. Sebuah hari di Surabaya itu telah membuat kota ini menyandang sebutan sebagai Kota Pahlawan. Salah satu peristiwa yang menjadi latar belakang hari pahlawan tersebut adalah insiden di Hotel Yamato pada tanggal 18 September 1945.

Hotel Yamato yang dimaksud adalah sebuah hotel Surabaya yang sempat bernama Oranje Hotel atau Hotel Oranye pada zaman kolonial. Namun kini, hotal yang lokasinya berada di Jalan Tunjungan no. 65 Surabaya ini bernama Hotel Majapahit.
Peristiwa tersebut berawal dari munculnya maklumat pemerintah Indonesia pada tanggal 31 Agustus 1945, yang menetapkan bahwa mulai 1 September 1945 bendera nasional Merah Putih harus dikibarkan terus di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Hotel Yamato, Surabaya. Namun, sekelompok warga Belanda mengibarkan bendera merah putih biru (bendera Belanda) di atas hotel tersebut, tanpa persetujuan Pemerintah Republik Indonesia di Surabaya.
Hal ini dianggap melecehkan maklumat pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung dan dan harga diri rakyat Indonesia, khususnya yang berada atau tinggal di Surabaya. Kabar tersebut tersebar cepat hampir di seluruh pelosok kota Surabaya, dan Jalan Tunjungan pun dalam waktu singkat dibanjiri oleh massa. Arus massa terus mengalir hingga memadati halaman hotel serta halaman gedung yang berdampingan penuh oleh massa yang dipenuhi amarah. Di sisi belakang halaman hotel, terlihat beberapa tentara Jepang yang berjaga-jaga untuk mengendalikan situasi tak stabil tersebut.
Dan puncaknya adalah, para pemuda Surabaya berhasil menurunkan bendera Belanda tersebut, dengan merobek bagian birunya, dan kemudian mengereknya kembali ke puncak tiang bendera sebagai bendera Merah Putih. Peristiwa bersejarah di salah satu hotel Surabaya ini kemudian disambut oleh sebagian besar massa di bawah hotel dengan teriakan “Merdeka”' berulang kali.  
Sedikit cerita tentang hotel di Surabaya yang kini telah berganti nama menjadi Hotel Majapahit tersebut. Hotel Majapahit merupakan sebuah gedung bersejarah di Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Dahulunya bernama LMS yang merupakan kependekan dari Lucas Martin Sarkie, lalu berubah menjadi Hotel Oranje dan kemudian Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru. Sekarang, Hotel Majapahit yang dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara dari Armenia tersebut sudah berubah menjadi hotel bintang lima dengan total lebih dari 143 kamar di lantai satu dan dua. Hotel ini pun konon pada masa lalu pernah disambangi oleh beberapa tokoh terkenal seperti Charlie Chaplin dan Paulette Goddard.

Kini, pada usianya yang sudah lebih dari satu abad, kondisi Hotel Majapahit masih terlihat anggun dan terawat. Rasa klasik bangunan tetap dipertahankan dengan tetap menggunakan pernak-pernik interior kuno seperti gagang flush toilet kuno yang bentuknya masih menjuntai di atas kepala. Kolam air mancur yang berada di sisi kanan paviliun hotel menambah sejuk suasana hotel di sore hari. Saat ini di sekitar kawasan juga banyak terdapat hotel murah di surabaya

ditulis oleh tim penulis GoIndonesia.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Insiden Hotel Yamato Surabaya di blog hotel murah info dan tempat wisata jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template