Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

hotel murah info dan tempat wisata

hotel murah di Indonesia dan info wisata serta daftar tempat wisata

Pekan Raya Jakarta

Sama halnya dengan kota-kota lainnya di dunia, Jakarta juga memiliki agenda festival yang rutin digelar tiap tahunnya. Baik itu skala regional, nasional maupun skala internasional. Dari sekian banyak agenda festival di Jakarta, ada baiknya Anda mengetahui jenis festival tersebut sebelum mengunjunginya. Festival yang paling terkenal di Jakarta (mungkin) adalah Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair. Meski bernama “pekan”, namun festival ini berlangsung selama satu bulan. Diadakan guna menyambut hari jadi atau ulang tahun kota Jakarta.

Pekan Raya Jakarta digelar pertama kali di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada tanggal 5 Juni hingga 20 Juli tahun 1968, dan resmikan langsung oleh Presiden Soeharto dengan melepas merpati pos. PRJ pertama ini disebut DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (Ejaan Lama). Lambat laun ejaan tersebut berubah menjadi Jakarta Fair yang kemudian lebih popular dengan sebutan Pekan Raya Jakarta. Dikawasan ini banyak terdapat hotel murah di Jakarta Pusat.
Ide ini mencuat dan digagas kali pertama oleh Syamsudin Mangan yang lebih akrab dengan sapaan Haji Mangan. Beliau pada saat itu menjabat sebagai Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) yang mengusulkan suatu ajang pameran besar untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri yang kala itu sedang mulai bangkit kepada Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) yang saat itu dijabat oleh Ali Sadikin, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Ali pada tahun 1967.
Gagasan atau ide ini disambut baik oleh Pemerintah DKI, karena Pemerintah DKI juga ingin membuat suatu pameran besar yang terpusat dan berlangsung dalam waktu yang lama sebagai upaya mewujudkan keinginan Pemerintah DKI yang ingin menyatukan berbagai "pasar malam" yang ketika itu masih menyebar di sejumlah wilayah Jakarta,seperti Pasar Malam Gambir yang tiap tahun berlangsung di bekas Lapangan Ikada (kini kawasan Monas), juga merupakan inspirasi dari Pameran yang diklaim sebagai "Pameran Terbesar" ini.
Terlebih lagi, di Pekan Raya Jakarta ini para pengunjung juga akan dihibur dengan aksi dan penampilan para artis ibukota yang berlangsung sampai dengan hari terakhir event ini. Beragam aliran musik yang ditampilkan membuat para pengunjung bisa memilih hari untuk menyaksikan artis atau grup band favorit.
Dengan demikian, Pekan Raya Jakarta yang sejatinya berlangsung 30 hari ini otomatis mengundang perhatian atau animo tidak hanya dari warga Jakarta saja, melainkan warga luar Jakarta bahkan luar negeri. Kondisi demikian tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi beberapa hotel di Jakarta.

Meskipun lokasi perhelatan Pekan Raya Jakarta bukan berada di kawasan hotel Jakarta Pusat, namun jarak tempuh dari beberapa hotel di Jakarta menuju lokasinya tidaklah jauh. Hal ini tentunya merupakan nilai tambah untuk para pengunjung yang datang dari luar Jakarta. 

ditulis oleh tim penulis GoIndonesia.com
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pekan Raya Jakarta di blog hotel murah info dan tempat wisata jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template