Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

hotel murah info dan tempat wisata

hotel murah di Indonesia dan info wisata serta daftar tempat wisata

Kampung Melayu Jakarta

Hotel Jakarta banyak yang terletak disekitar terminal dan bandara. Selain beragam hotel di Jakarta juga memiliki tipe dan kelengkapan fasilitas yang berbeda. Hotel di bandara selama ini menjadi pilihan bagi para pelancong yang melakukan perjalana bisnis atau bagi para wisatawan yangs edang transit sebelum kembali melakukan perjalan dengan pesawat terbang. Selain dekat dengan lokasi bandara, hotel di kawasan bandara juga saat ini semakin memberikan fasilitas lengkap dan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Namun demikian ada pula hotel yang lokasinya terletak di dekat kawasan terminal angkutan umum, stasiun kereta api dan tempat sarana transportasi lainnya. Salah satu hotel yang banyak ditemui lokasinya terletak di sekitar kawasan Kampung Melayu Jakarta.


Nama Kampung Melayu terbilang cukup unik diantara pemukiman warga betawi Jakarta. Konon dulunya kawasan ini merupakan kawasan pemukin pendatang dari negara tetangga Malaysia atau yang dulunya lebih dikenal dengan Semenanjung Malaka (sekarang Malaysia) dibawah pimpinan Kapten Wan Abdul Bagus.
Kawasan Kampung Melayu merupakan wilayah Kelurahan Kampung Melayu dan sebagian dari wilayah Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Kotamadya Jakarta Timur. Dulunya  menjadi satu dengan kawasan Kampung Melayu diatas karena hanya dipisahkan oleh sungai Ciliwung dan pemisahan administrasi baru dilakukan sekitar tahun 1970-an.

Wan Abdul Bagus adalah anak Ence Bagus, kelahiran Patani, Thailand Selatan. Ia terkenal pada jamannya sebagai orang yang cerdas dan piawai dalam melaksanakan tugas, baik administratif maupun di lapangan sebagai perwira. Boleh dikatakan selama hidupnya ia membaktikan diri pada Kompeni. Dimulai sebagai juru tulis, kemudian menduduki berbagai jabatan, seperti juru bahasa, bahkan sebagai duta atau utusan. Wan Abdul Bagus kerap  terlibat dalam peperangan pada masa penjajahan Belanda. Menjelang akhir hayatnya ia dipercaya oleh pemerintahan Belanda  untuk bertindak selaku Regeringscommisaris, atau duta/utusan untuk mengunjungi Sumatera Barat.  Pada masa kekuasaannya Wan Abdul Bagus menguasai tanah yang luas di bagian tepi kiri-kanan Kali Ciliwung sebelah selatan dan bersempadan dengan tanah Meester Cornelis. Pemilikan tanah dikeluarkan dalam tahun 1661 M dan ditambah lagi tahun 1696 M sehingga menjadi amat luas.

Wan Abdul Bagus meninggal dunia tahun 1716 M. Beliau digantikan anaknya Wan Abdullah bin Wan Abdul Bagus al-Fathani sehingga Belanda merampas kekayaan dan melucutkan jabatannya sebagai Kapten Melayu.

Sejarah Kampung Melayu ternyata cukup menarik untuk disimak. Salah satu kawasan tua yang terletak di anatar timur dan selatan Jakarta ini merupakan salah kawasan terpadat di Jakarta. Setiap harinya puluhan angkutan umum melintasi terminal yang posisinya terletak di tengah jalan ini. Selain menimbulkan macet dan membuat jalanan yang tersendat terminal kampung melayu setiap harinya juga semakin dipadati oleh angkutan umum. Setelah dibuatnya terminal busway di kampung melayu, frekuensi penumpang pun semakin bertambah, menambah sesaknya terminal kampung melayu. Disekitar kawasan juga terdapat hotel murah Jakarta yang dapat Anda pesan ketika mengunjungi kawasan Kampung melayuSelain beragam harga yang ditawarkan pun cuku bervariasi.

Artikel ini ditulis oleh tim penulis GoIndonesia.com

Terima kasih telah membaca artikel tentang Kampung Melayu Jakarta di blog hotel murah info dan tempat wisata jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template