Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

hotel murah info dan tempat wisata

hotel murah di Indonesia dan info wisata serta daftar tempat wisata

Sajianan Kuliner Semarang

Hotel Semarang banyak ditemukan apabila melakukan perjalanan wisata. Tidak hanya wisata sejarah dan alam yang dapat ditemukan dekat hotel Semarang, tetapi juga berwisata kuliner yang patut dicoba. Keberadaan hotel di Semarang juga mempengaruhi banyaknya tempat-tempat yang menjual kuliner khas Semarang, sebab hotel Semarang menjadi destinasi favorit dari kunjungan wisatawan.

Kuliner yang sering dijumpai dan favorit bagi masyarakat dekat hotel di Semarang, yaitu tahu pong dan ganjel rel. kedua makanan yang satu ini cocok dijadikan camilan atau makanan yang disediakan saat kumpul bersama keluarga dan teman.


Semarang merupakan salah satu kota yang kaya akan fenomena alkulturasi Cina dan Jawa, khususnya di bidang kuliner. Budaya Cina hadir sejak ratusan tahun lalu di Indonesia dan terus beradaptasi dengan budaya lokal, sehingga tercipta aneka budaya barudari paduan keduanya.

Tahu Pong
Kata “pong berasal dari kata kopong atau kosong. Tahu ini memang kosong dengan rongga di dalamnya, sehingga istilah lainnya adalah tahu kosong. Pendapat lain menyatakan bahwa kata “pong” berasal dari kata “phong” yang dalam dialek Banlam (Hokkian Selatan) berarti menggembung. Tahu ini disajikan dengan keripik udang yang digoreng dengan kuah petis dan bawang putih yang disajikan secara terpisah, serta acar mentimun sebagai pelengkapnya.

Petis sendiri merupakan kuliner asli Indonesia yang berbeda dengan terasi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan terkenal di pesisir utara Jawa. Petis berasal dari para nelayan yang tidak ingin membuang sisa olahan makanan laut mereka. Lalu ditambahkan dengan gula Jawa, serta dipanaskan hingga mengental seperti saus. 

Salah satu warung makan yang menjajakan secara khusus menu khas ini adalah warung tahu pong di perempatan Depok. Warung yang berdiri sejak tahun 1930 ini selalu ramai didatangi pengunjung. Tak hanya dari Semarang, tetapi juga dari luar kota yang penasaran ingin menikmati tahu  yang satu ini. Kelezatannya pun sudah tidak diragukan lagi. 

Ganjel Rel
Roti yang berwarna cokelat dengan taburan wijen di atasnya, dinamakan ganjel rel. Salah satu makanan khas Semarang yang memiliki rasa agak manis, karena menggunakan campuran gula aren sebagai pemanisnya dan beraroma kayumanis yang membuat lidah bergoyang. Dilihat dari teksturnya, ganjel rel memiliki dua tekstur yang berbeda, yaitu agak keras di bagian lapisan atas, lembut dan ulet di bagian dalamnya. Oleh karena tekstur tersebut, makanan yang sudah mulai jarang ditemukan ini dijadikan sebagai menu sarapan dan ditemani dengan secangkir teh hangat.

Ganjel rel merupakan jenis makanan peninggalan Belanda dan menjadi salah satu makanan khas Kota Semarang. Ganjel rel atau biasa disebut juga dengan nama Roti Gambang ini sangat populer di masa lalu. Penamaan ganjel rel disebabkan bentuk yang mirip dengan bantalan kereta api. Rasanya pun kurang lengkap jika berkunjung ke Semarang tetapi tidak mencicipi ganjel rel.


Roti ini memang tidak banyak diprosuksi seperti makanan lain, seperti bandeng presto, winko babat, lumpia. Namun, pesanan akan melonjak pesat saat perayaan dugderan dan menurun kembali di hari biasa. Dugderan adalah perayaan rutin warga Semarang untuk menyambut bulan Ramadan. Pada puncak perayaan, yakni satu hari sebelum puasa, warga berbondong-bondong datang dan rela berdesak-desakan untuk berebut roti ganjel rel yang dibagikan secara gratis. Konon, orang yang mengonsumsi roti ini akan lebih kuat, sehingga dapat menunaikan ibadah puasa dengan lancar, pikiran jernih, tenang dan tanpa gangguan.      
Terima kasih telah membaca artikel tentang Sajianan Kuliner Semarang di blog hotel murah info dan tempat wisata jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template